6 Okt 2012

Pengenalan FTP

          Dalam sebuah jaringan komputer dalam area lokal maupun yang terkoneksi dengan internet seringkali diperlukan transfer (pertukaran) data antar komputer. Sebagai contoh, saat ditemukan sebuah file atau program yang menarik dan berhubungan dengan masalah yang sedang kita hadapi, biasanya kita berkeinginan untuk menyalin file atau program tersebut. Maka dipergunakan FTP (File Transfer Protocol) yang merupakan software terpopuler di kalangan user jaringan LAN dan atau internet yang memungkinkan untuk melakukan proses menyalin atau memindahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain yang letaknya berjauhan melalui internet. Dengan FTP ini dapat dilakukan  tukar menukar informasi yang berupa file secara mudah dan murah.
           Fasilitas FTP sering digunakan untuk menyalin (men-download) file dari server komputer yang ada di internet ke komputer lokal. File yang disalin (di-download) biasanya berupa sebuah file teks, file gambar, file suara, file program dan file-file lainnya sehingga muncul anggapan bahwa FTP merupakan suatu sarana umum untuk saling membagi data melalui internet. Komputer server yang menyediakan data dan informasi yang dapat disalin (di-download) oleh usernya berjumlah cukup banyak, dan untuk dapat menyalin file dari sebuah server harus diketahui lebih dahulu alamat lengkap situsnya.
         Klien (komputer lokal) dan server (komputer remote) yang memiliki utilitas FTP tidak tergantung dari mana lokasi komputer itu berada, bagaimana cara koneksinya dan bahkan apa sistem operasi yang digunakannya. Selama komputer tersebut memiliki akses ke dalam jaringan LAN maupun internet, komputer tersebut masih dapat memanfaatkan fasilitas FTP. Dengan kata lain selama sebuah sistem komputer memiliki protokol TCP/IP, maka fasilitas FTP dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu, FTP menjadi jembatan antar sistem operasi dalam melakukan proses transfer data.

                                          FTP Server

        FTP server, berupa sebuah komputer server yang memberikan fasilitas FTP dengan tujuan untuk menerima koneksi (hubungan) dari luar. Biasanya komputer dengan fasilitas sebagai FTP server juga berfungsi sebagai web server.
Ada dua jenis server komputer yang dapat dihubungi dengan fasilitas FTP, yaitu :
a)    Anonymous FTP Server atau dapat juga disebut Public FTP Server. Server komputer ini dapat diakses dan terbuka bagi semua pemakai internet. File-file dalam server ini dapat di-download secara gratis. Untuk menggunakan Anonymous FTP ini pennguna memasukkan login dengan username Anonymous dan password yang dipakai berupa alamat e-mail atau dapat pula menggunakan username guest tanpa password, hal ini tergantung dari server FTP yang dituju.
b)    Private FTP Server, Server komputer ini hanya bisa diakses dan dipergunakan oleh user tertentu yang terdaftar secara resmi. Server ini biasanya berisi data dan informasi pribadi yang khusus digunakan untuk pemakai tertentu atau perusahaan tertentu. Pemakai khusus ini biasanya mempunyai username dan password untuk dapat terhubung dengan server jenis ini.
Sebuah server yang memberikan fasilitas FTP dapat dengan mudah dikenali, biasanya sebuah server FTP akan memiliki alamat situs dengan subdomain FTP, misalnya domain microfosft.com memberikan fasilitas FTP pada subdomain ftp.microsoft .com.

                                           FTP Client

        FTP Client (Klien FTP) merupakan sebuah sistem komputer lokal yang hendak melakukan koneksi dengan server FTP melalui jaringan internet agar dapat melakukan proses pentransferan data (pentransferan file) dengan komputer server FTP. Komputer lokal ini harus memiliki software FTP client.

        Untuk sistem operasi Microsoft Windows 3.1/NT/9x/ 2000/XP dapat dipergunakan software klien FTP seperti: CuteFTP, WS_FTP, CoreFTP, SmartFTP, FTP Chameleon dan lain-lain. Untuk sistem operasi DOS terdapat perangkat lunak Minuet dan NCSA FTPbin sebagai software Klien FTP. Sedangkan untuk sistem operasi UNIX (dan LINUX), selama sistem tersebut dilengkapi dengan TCP/IP maka di dalamnya telah disertakan pula program Klien FTP. Pada uraian kali ini kita akan mencoba instalasi FTP Server menggunakan Ubuntu Server dengan app vsftpd.

                           FTP Server dengan Ubuntu

Membangun FTP Server, saya gunakan Ubuntu. Jalankan OS Ubuntu Server lalu masuk ke Terminal kemudian jalankan langkah - langkah berikut : 

$sudo apt-get install vsftpd

Tunggu hingga selesai kemudian jalankan perintah :

$sudo /etc/init.d/vsftpd start

Untuk menjalankan FTP server
Konfigurasi vsftpd
File konfigurasinya terletak di /etc/vsftpd.conf untuk membukanya jalankan perintah :
$sudo nano /etc/vsftpd.conf

Bila anda ingin user anonymous dapat menggunakan ftp, tambahkan atau edit baris ini :

anonymous_enable=YES

Sebaliknya bila anda tidak ingin user anonymous dapat menggunakan ftp, ubah nilai baris diatas menjadi NO seperti di bawah ini :

anonymous_enable=NO

Bila anda ingin lokal user (user pengguna komputer namun bukan root user) dapat login menggunakan ftp protokol, tambahkan atau edit baris ini :
local_enable=YES

Sebaliknya bila anda ingin lokal user (user pengguna komputer namun bukan root user) tidak dapat login menggunakan ftp protokol ubah nilai baris diatas menjadi NO.
Bila anda ingin mengubah root directory dari user anonymous (default root directorynya ada di /home/ftp ), tambahkan atau edit baris ini :
anon_root=<anonymous user root directory yang anda inginkan>
Bila ingin memberikan pesan selamat datang, tambahkan dan edit baris ini :

ftpd_banner “pesan selamat datang”
Membatasi jumlah klien, tambahkan dan edit baris ini:

max_client jumlah maksimum klien
Membatasi jumlah klien dengan IP yang sama, tambahkan dan edit baris ini:


max_per_ip jumlah maksimum klien per IP
Mengunci FTP user di direktori home, tambahkan dan edit baris berikut:

chroot_local_user=YES
chroot_list_enable=YES
chroot_list_file=/etc/vsftpd/chroot_list
Untuk file /etc/vsftpd/chroot_list tambahkan bila tidah ada. Dengan begitu semua ftp root directory tiap local user ada di home directory masing-masing user. Jika anda ingin membuat pengecualian untuk user tertentu agar root directorynya tetap berada di / anda dapat menuliskan nama user tersebut di file /etc/vsftpd/chroot_list.
Namun jika anda ingin agar hanya user tertentu saja yang ftp root direktorinya pindah ke home direktori masing-masing anda dapat mengubah paramater baris chroot_local_user menjadi NO seperti ini chroot_local_user=NO lalu menuliskan user yang ingin dipindah root direktorinya ke dalam file /etc/vsftpd/chroot_list.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar